Bab Sholat - kaidah Islam

Breaking

Rabu, 10 Oktober 2018

Bab Sholat

Bab Sholat


secara bahasa sholat bermakna do’a, sedangkan secara istilah, sholat merupakan suatu ibadah wajib yang terdiri dari ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan rukun dan persyaratan tertentu.
Menurut hakekatnya, sholat ialah menghadapkan jiwa kepada Allah SWT, yang bisa melahirkan rasa takut kepada Allah & bisa membangkitkan kesadaran yang dalam pada setiap jiwa terhadap kebesaran & kekuasaan Allah SWT.
Menurut Ash Shiddieqy, sholat ialah menggambarkan rukhus shalat atau jiwa shalat; yakni berharap kepada Allah dengan sepenuh hati dan jiwa raga, dengan segala kekhusyu’an dihadapan Allah dan ikhlas yang disertai dengan hati yang selalu berzikir, berdo’a & memujiNya. 
sholat merupakan ibadahnya orang islam yang mana sholat tersebut termasuk dalam rukun Islam yang kedua sholat itu menjadi keharusan kepada umat muslim untuk umat muslim melakukannya karena sholat itu wajib hukumnya sebagaimana Allah telah perintahkan kepada untuk sholat sebagaimana dalam firmannya dalam surat Al-Baqarah ayat 48;


وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

43. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'.

dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kepada untuk sholat yang mana وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ maka dimana ada perintah maka hukumnya adalah wajib untuk dilaksanakan seperti yang mana telah dijelaskan di dalam kaidah ushul fiqih dalam pembahasan amr anda boleh kunjungi ini 
.dimana keberadaan sholat tersebut wajib maka kita akan diberi pahala ketika kita mengerjakannya dan dimana kita meninggalkannya kita akan mendapatkan siksaan yang pedih dari Allah.tetapi jika sholat tersebut sunnah maka Allah tidak akan memberikan siksaan dimana kita meninggalkannya tapi kita diberi pahala jika kita mengerjakannya 

Syarat sah solat

Melakukan solat tidak bisa dilakukan tanpa memiliki ilmu. Anda harus mengetahui mengena syarat wajib dalam solat. Beberapa syarat yang harus di miliki oleh orang orang ini menjadikan seseorang memiliki kewajiban untuk melakukan solat. Syarat wajib solat antara lain:
  1. Beragama islam
  2. Memiliki akal yang sehat
  3. Telah dewasa atau baligh
  4. Telah sampai dakwah kepadanya artinya telah mengetahui mengenai hukum solat dan cara solat
  5. Bersih atau suci dari segala najis
  6. Sadar
Setelah mengetahui pengertian shalat dan juga syarat wajib solat, berikutnya yang juga wajib untuk diketahui adalah syarat sah solat. Berikut ini adalah syarat syah solat yang harus dipahami oleh setiap muslim:

Rukun salat

Pengertian dari shalat yang sudah anda ketahui harus dilengkapi dengan rukun salat juga. Berikut ini adalah rukun shalat yang harus benar benar diketahui oleh muslim.
  1. Niat
  2. Berdiri jika mampu
  3. Membaca takbiratul ikram
  4. Membaca surat al fatihah setiap rokaat
  5. ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk diatara dua sujud dengan tumaninah
  9. Duduk tasyahud akhir
  10. Membaca sholawat
  11. Salam
  12. Tertib
Solat memiliki dua macam yakni solat wajib dan juga solat sunah. Sholat wajib atau sholat fardhu dikerjakan lima kali dalam satu hari dan tidak boleh di tinggalkan. Umat islam harus paham mengenai ilmu agama dengan baik agar ibadah bisa diterima oleh Allah SWT.
Sholat sunah adalah solat yang tidak wajib dikerjakan namun akan sangat baik dikerjakan karena menjadi penambah amal dan sebagai bentuk kecintaan seseorang terhadap Nabi Muhammad. Solat yang dikerjakan memiliki manfaat yang sangat luar biasa baik di dunia maupun diakhirat. Pengertian shalat yang telah dibahas akan membuat anda semakin mengerti cara solat dan hukum solat bagi setiap muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar