Pengertian,Hukum,Syarat,Dalil,Rukun,Dalam Shalat Mayit - kaidah Islam

Breaking

Jumat, 16 November 2018

Pengertian,Hukum,Syarat,Dalil,Rukun,Dalam Shalat Mayit

Pengertian,Hukum,Syarat,Dalil,Rukun,Dalam Shalat Mayit
1.Pengertian Shalat Mayit
Shalat ini merupakan salah satu dari shalat yang lainnya,dan shalat ini juga tidak harus seperti melakukan shalat seperti biasanya sangat berbeda dengan shalat seperti hal biasanya yaitu tidak melakukan sujud dan ruku,shalat ini dilakukan oleh umat islam bilamana ada salah satu dari mereka ada yang meninggal dunia.

2.Hukum Shalat Mayit
Hukum Shalat Mayit adalah Fardhu Kifayah yang artinya shalat ini wajib dilakukan tetapi boleh diwakilkan,dan jangan sampai tidak ada sama sekali yang menshalati jenazah itu,karena jika tidak ada sama sekali maka semuanya akan mendapatkan dosa.

3.Syarat Shalat Mayit
Maka Adapun Syarat-syarat yang harus kita penuhi adalah sebagai berikut:
  • Harus menutup aurat, suci dari hadast besar dan kecil, suci badan, pakaian dan tempatnya serta menghadap kiblat.
  • Mayit sudah di mandikan dan suci,dan juga telah di kafani
  • Letak mayit di sebelah kiblat orang yang menyolati, kecuali kalau sholat di letakan di atas kubur
4.Dalil Shalat Mayit
مَنْ شَهِدَ الْجَنَازَةَ حَتَّى يُصَلِّىَ عَلَيْهَا فَلَهُ قِيرَاطٌ ، وَمَنْ شَهِدَ حَتَّى تُدْفَنَ كَانَ لَهُ قِيرَاطَانِ  . قِيلَ وَمَا الْقِيرَاطَانِ قَالَ  مِثْلُ الْجَبَلَيْنِ الْعَظِيمَيْنِ
"Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth." Ada yang bertanya, "Apa yang dimaksud dua qiroth?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lantas menjawab, "Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar." (HR. Bukhari no. 1325 dan Muslim no. 945)

5.Rukun Shalat Mayit
Shalat Sunnah ini tidak dilakukan seperti halnya shalat biasa tetapi shalat ini tidak melakukan Sujud dan Ruku,Tetapi hanya berdiri tegak dan takbir sebanyak 4x serta dibarengi dengan doa-doa yang menyilangi 4 takbir tersbeut,Maka adapaun urutan melakukan Shalat Mayit;
  1. Niat
  2. Takbir Pertama
  3. Takbir Kedua
  4. Takbir Ketiga
  5. Takbi keempat
  6. Salam
Supaya lebih lengakap Baca juga;https://hegarwajjah.blogspot.com/2018/11/doa-shalat-mayat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar