Doa Makan dan Minum - kaidah Islam

Breaking

Jumat, 26 Oktober 2018

Doa Makan dan Minum

Doa Makan dan Minum beserta Adabnya

A.Pengertian Doa Makan dan Minum

Doa Makan dan Minum Sebelum dan Sesudah Serta Adab Makan Dalam Islam – Makan merupakan sebuah kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Secara arti kata sendiri, maka adalah memasukan sesuatu ke dalam mulut dengan maksud dan tujuan untuk menyediakan nutrisi bagi tubuh. Selain menyediakan nutrisi, makan juga memiliki banyak fungsi dan nilai-nilai di dalamnya. Tanpa makan, manusia atau makhluk hidup pada umumnya tidak akan bisa berkembang dan tumbuh, bahkan untuk hidup sekalipun.
Oleh karea itu, makan sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditolak dan diganggu gugat lagi. Makan menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa digantikan ataupun ditunda. Melihat peran dan fungsinya, tentunya makan merupakan hal yang begitu penting dan sarat akan nilai-nilai pentng di dalamnya. Mungkin anda pernah mendengar istilah yang mengatakan “anda adalah apa yang anda makan”. Jika melihat pada istilah itu, tentunya kita harus menyadari jika setiap hal yang masuk ke dalam tubuh kita juga membawa banyak dampak bagi tubuh dan banyak hal dalam diri kita.
Contoh paling nyata adalah ketika kita minum atau makan zat yang berbahaya, maka tubuh kita akan bereaksi dan memperlihatkan gejala yang tidak baik. Adapun jika tidak menunjukan gejala yang langsung, maka secara perlahan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh kita ini akan turut membentuk seperti apa diri kita. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memilih dan memilah apa saja yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh ini, sebab jangan sampai kita mengkonsumsi resep makanan atau minuman yang bisa berakibat buruk bagi tubuh dan diri ini.
B.Adab Makan dan Minum
Sebagaimana tujuan dan tugas manusia di bumi yang beribadah kepada Allah, maka kita juga sudah sepatutnya kita menjadikan kegiatan makan menjadi bagian ibadah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, sehingga membuat kegiatan makan ini menjadi bernilai ibadah. Hal kecil seperti makan tepat waktu saja sudah merupakan ibadah yang bisa dilakukan dengan mudah. Dengan makan tepat waktu, maka kita sudah ssayang dengan tubuh kita dengan tidak membuatnya kelaparan dan bisa berujung kepada sakit.
Berbicara lebih lanjut mengenai makan, maka kita tidak boleh melupakan doa yang dipanjatkan ketika hendak makan ataupun selepas makan. Banyak orang yang seringkali lupa berdoa ketika hendak makan, karena perut yang terlalu lapar dan tergesa-gesa akhirnya ia melupakan doa. Begitu pula dengan selepas makan, karena rasa kenyang yang didapat, justru membuat lalai dan lupa memanjatkan doa selepas makan. Padahal ada banyak sekali manfaat dan kebaikan yang didapat dengan berdoa sebelum maupun setelah makan.
Dengan melakukan doa sebelum dan sesudha makan, maka keberkahan dan kebaikan akan senantiasa dicurahkan oleh Allah SWT melalui resep masakan yang kita nikmati. Sebuah penelitian memperlihatkan jika makanan yang dibacakan doa, makanan tersebut akan mengeluarkan molkeul yang baik dan bermanfaat. Tentunya kita ingin makanan yang kita makan memiliki kebaikan bagi tubuh ini. Doa juga bisa menghindarkan makanan kita dari syaitan yang tanpa disadari aan turut menyantap keberkahan dari makanan yang kita makan tanpa menyebut nama Allah SWT.
Oleh karena itu, berikut ini kami berikan doa yang bisa anda bacakan sebelum dan sesudah makan. Silahkan simak dan hapalkan doanya di bawah ini!
C.Doa Sebelum Makan Dan Minum
Teman teman kita hendaknya baca doa dulu sebelum makan dan minum karena itu sesungguhnya lebih baik dan supaya  kita selalu bisa ingat kepda Alllah atas nikmat yang ia berikan begitu sangat bermanfaat bagi kita.Adapun Doa Sebelum Makan dan Minum

D.Doa Sesudah Makan dan Minum 
Teman teman kita hendaknya baca doa dulu Sesudah makan dan minum karena itu sesungguhnya lebih baik dan supaya  kita selalu bisa ingat kepda Alllah atas nikmat yang ia berikan begitu sangat bermanfaat bagi kita.Adapun Doa Sesudah Makan dan Minum.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar