Doa sebelum dan sesudah tidur - kaidah Islam

Breaking

Selasa, 20 November 2018

Doa sebelum dan sesudah tidur

Bagaimanakah Doa Mau Tidur?

Tidur Merupakan Yang biasa kita anggap sepele karena seringnya kita melakukan itu padahal dalam islam itu semuanya itu telah di atur bahkan sebelum tidur juga ada aturannya juga atau sunnah nya juga yaitu membaca doa ketika mau tidur,karena itu juga merupakan sunnah Rosulullah SAW karena tidur merupakan bagian dari kematian karena diamana kita tidur kita tidak tersadar karena dari itu ruh kita itu dipegang oleh Allah SWT jika Allah memberikan kita kesempatan kepada kita untuk hidup maka Allah akan memberikan ruhnya itu kepada kita lagi karena jika Allah tidak berkehendak maka orang tersebut akan meninggal Dunia.Seperti mana Firman Allah SWT:
اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَىٰ عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَىٰ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir."(Az-zumar 42).
Dan disunnah kan oleh Rosulullah SAW kepada kita untuk memaafkan dosa-dosa yang dimiliki oleh orang lain kepada kita supaya didalam diri kita tidak memiliki sifat-sifat yang buruk yang akan menjerumuskan kepada kita kedalam neraka diantaranya sifat:Dengki,Dendam,Hasud,dll.

Doa ketika Hendak Tidur

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ
Artinya :
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Doa Bangun Tidur


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ
Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur” [artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan]. (HR. Bukhari no. 6325)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar